Mendengar Apa Kata Mereka

Sering kali aku merasa bahwa apa yang aku lakukan sudah benar. Selama tidak melanggar aturan aku anggap semua baik-baik saja. tapi ternyata, sekecil makan bersama teman-teman laki-laki pun menjadi sorotan dan dianggap kurang pantas. Padahal hal ini aku lakukan dalam kondisi diruang terbuka dan forum umum.
Banyak hal yang kita lakukan terkadang menjadi sebuah sorotan. Sehingga mungkin ada yang menjelek-jelekan kita akibat sikap kita namun ada pula yang secara terang-terangan menghujat kita. Tapi beruntunglah bagiku, ada yang masih mau menasihatiku secara langsung meski dalam ungkapan tanya yang tersirat. But, Hei buddy, I know what you mean. Meski sedikit tersentak, tapi aku mencoba mengerti apa yang kamu lakukan adalah karena kamu peduli. Thanks a lot.
Sebagai wanita yang dilahirkan ditengah keluarga berdarah jawa dan beragama islam. Aku merasa banyak hal yang masih belum aku pelajari. Aku merasa bodoh dan awam. Kebebasan yang orang tuaku berikan, pada dasarnya memberiku kesempatan untuk mengeksplorasi lebih jauh pergaulan remaja zaman sekarang yang penuh hingar bingat dan kesenangan duniawi. Tapi aku memilih membatasinya. Namun ternyata, batas-batas yang ku berikan masih dipandang bebas oleh sebagian orang. Tak apa. Tentu saja tiap manusia ada saja kurangnya.
Secuil hal kecil yang aku lakukan yang menjadi sebuah pertanyaan malah mengukuhkan parameter "pantas dan tidak pantas" yang sesuai dengan norma maupun agama yang kuanut. Malu memang rasanya ketika diberi sebuah "teguran", tapi akan lebih memalukan jika aku melakukan hal yang kebablasan. Meskipun aku adalah manusia keras kepala dan penuh dengan keyakinan terhadap diri sendiri, tapi kekritisanku terhadap segala hal menuntunku melihat sesuatu dari berbagai sisi. Begitupun tentang penilaian orang lain padaku maupun sebaliknya. Beruntung aku tak pernah mematok standar "benar dan salah" secara saklek. Aku sangat fleksibel terhadap beberapa hal tapi juga sangat menjaga prinsip dasar.
Hingga kini, beginilah yang aku yakini, tapi bisa jadi suatu hari akan ada perubahan yang berarti. Untuk mencapai perubahan yang lebih baik, aku harus mencari lingkungan yang baik. Dan untuk menemukan lingkungan yang baik aku harus mau berbaur dan mendengarkan nasihat orang-orang baik.

"Dunia sudah terlalu bebas, sekarang bukan saatnya berjuang menentang batas kebebasan tapi membatasi kebebasan itu sendiri!"

Komentar

Postingan Populer